English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
selamat datang di blog dapur manajemen

Kamis, 16 Juni 2011

STRATEGI PRODUK SUPER SMART

1. Strategi Pengembangan Produk Baru
Pengembangan produk mengharuskan perusahaan menetapakan manfaat-manfaat apa yang akan diberikan oleh produk tersebut. Pada bimbel ini menciptakan suatu strategi yang berbeda dibandingkan bimbel yang lain, yaitu :
1. Produk Super Smart adalah sebagai berikut:
a. Program PIR/ PRE / Reguler
 Program ini ditujukan untuk siswa kelas 1, 2, 3 SD
 Lama Program ini adalah 1 tahun.
 Masuk 3 kali 1 minggu selama 90 menit.
b. Program PIN/ Intensif
 Program ini ditujukan untuk siswa kelas 4, 5, 6 SD
 Lama program ini 6 bulan, dilaksanakan setelah semester pertama. Materi program ini juga sama dengan program reguler, hanya saja materinya diperpadat.
 Masuk 3 kali 1 minggu selama 90 menit.
c. Program SIPUN / SIPUS
 Program ini ditujukan untuk siswa kelas 6 SD
 Program ini dilaksanakan 1 bulan sebelum ujian nasional atau ujian sekolah.
 Masuk 6 kali 1 minggu 90 menit.
d. SPSB / PPD
 Program ini ditujukan untuk siswa yang sudah lulus SD yang akan meneruskan ke jenjang SMP.
 Program ini dilakukan untuk bisa lolos seleksi masuk SMP favorit.
 Masuk 6 kali 1 minggu 90 menit.
e. PRE B
Program ini merupakan program reguler bagi siswa yang hanya bisa masuk 2 kali 1 minggu.

2. Strategi Diferensiasi Produk
Strategi diferensiasi produk bimbel ini sebagai berikut:
 Penambahan program yang merupakan diferensiasi produk, seperti outbond yaitu proses pengajaran yang dilakukan oleh tentor Super Smart. Program ini belum ada di lembaga bimbingan belajar lainnya.
 Diversifikasi produk seperti program proaksi, program 2 in 1, dan problem solving.
a. Program Proaksi atau Program Akselerasi Sukses Ujian dan Seleksi merupakan diversifikasi dari program regular. Maksud dari perubahan nama ini adalah lebih mengarah kepada tujuan diadakannya program tersebut.
b. Program 2 in 1 merupakan gabungan dari beberapa program. Program ini diluncurkan karena siswa selain menghadapi ujian sekolah; juga menghadapi ujian nasional bagi siswa kelas 6 SD, dan ujian masuk SMP favorit bagi siswa lulusan SD. Oleh karena itu siswa bisa mengambil program lebih dari satu program sekaligus, disamping ada potongan harga siswa juga tidak perlu mendaftar lagi.
c. Pelayanan Problem Solving. Program ini sudah lama ada tetapi hanya konsultasi pada saat ada jam pelajaran di kelas, dan sekarang sudah ada dua tentor yang stand by di luar kelas yang siap membantu siswa sewaktu-waktu dibutuhkan. Tujuannya adalah untuk membantu bagi siswa Super Smart untuk konsultasi di luar jam belajar, diharapkan dengan adanya program ini siswa mampu menyelesaikan setiap permasalahan dan siswa dapat meningkatkan nilai akademiknya.
 Ada beberapa hal yang menjadi titik berat lembaga bimbingan belajar Super Smart dalam memberikan kepuasan bagi siswa maupun calon siswanya, yaitu :
a) Membekali para karyawan dengan pengetahuan dan ketangkasan serta melatih para karyawannya untuk selalu memberikan pelayanan yang baik kepada siswa. Mayoritas sumber daya manusia yang dimiliki lembaga bimbingan belajar Super Smart adalah orang-orang yang terampil, berpengalaman dan berdedikasi tinggi pada pekerjaannya. Setiap karyawan dilatih untuk memiliki kepribadian yang positif, yaitu sikap jujur, proaktif, disiplin, kebersamaan, keterbukaan dan mempunyai kesetiaan yang tinggi terhadap lembaga bimbingan belajar Super Smart. Mereka akan selalu siap membantu para siswa maupun calon siswa untuk memberikan informasi tentang program yang dibutuhkan oleh siswa.
b) Tentor-tentor harus lebih bisa menguasai materi yang disampaikan serta mampu mengikuti perkembangan dunia pendidikan sehingga para tentor mampu memecahkan setiap permasalahan yang dihadapi oleh siswa dan tentor bisa menambah ilmu psikologi sehingga mampu memahami karakter para siswanya.


0 komentar:

Posting Komentar