Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar adalah proses pembagian pasar keseluruhan menjadi kelompok-kelompok pasar yang terdiri dari orang-orang yang secara relatif memiliki kebutuhan produk yang serupa. Maksudnya adalah untuk merancang suatu bauran pemasaran (atau lebih) yang secara tepat sesuai dengan kebutuhan para individu dalam segmen (atau segmen-segmen) pasar yang dipilih. Pengertian lainnya adalah proses membagi pasar keseluruhan suatu produk dan jasa yang bersifat heterogen ke dalam beberapa segmen, di mana masing-masing segmennya cenderung bersifat homogen dalam segala aspek.
Segmen yang dibidik adalah siswa Sekolah Dasar yang berasal dari keluarga kelas menengah atas. Karena segmen ini jelas memiliki kemampuan untuk mengeluarkan biaya pendidikan yang lebih besar. Dipilih untuk tingkatan Sekolah Dasar pertimbangan antara lain adalah pada usia anak Sekolah Dasar masih memerlukan bimbingan atau tuntunan yang lebih intensif. Karena mereka masih belum mampu belajar secara mandiri sepenuhnya sehingga diperlukan bimbingan yang benar.
Beberapa segmen pasar potensial yang bisa menjadi sasaran program bimbingan belajar Super Smart antarara lain :
a) Geografis
Daerah : Perkotaan
Bimbingan belajar ini memilih daerah perkotaan karena memiliki tempat yang strategis buat kalangan kelas menegah keatas. Meskipun banyak para pesaing dari bimbingan belajar yang lain, kita berambisi dengan perbedaan pasti banyak pelanggan yang tertarik dan ikut bergabung.
Wilayah : Sidoarjo dan sekitarnya
Di daerah sini sangat strategis untuk mengembangkan usaha ini karena di kota Sidoarjo dekat dengan sekolah-sekolah, pertokoan dan lain-lain.
b) Demografi
Usia : Anak Sekolah dasar (7-12 tahun)
Jenis kelamin : Laki-laki dan perempuan
Penghasilan Keluarga : Diatas satu juta rupiah per bulan.
c) Psikografi
Kelas sosial : menengah atas.
Perilaku keluarga : Mengejar karir, sibuk
Segmentasi pasar adalah proses pembagian pasar keseluruhan menjadi kelompok-kelompok pasar yang terdiri dari orang-orang yang secara relatif memiliki kebutuhan produk yang serupa. Maksudnya adalah untuk merancang suatu bauran pemasaran (atau lebih) yang secara tepat sesuai dengan kebutuhan para individu dalam segmen (atau segmen-segmen) pasar yang dipilih. Pengertian lainnya adalah proses membagi pasar keseluruhan suatu produk dan jasa yang bersifat heterogen ke dalam beberapa segmen, di mana masing-masing segmennya cenderung bersifat homogen dalam segala aspek.
Segmen yang dibidik adalah siswa Sekolah Dasar yang berasal dari keluarga kelas menengah atas. Karena segmen ini jelas memiliki kemampuan untuk mengeluarkan biaya pendidikan yang lebih besar. Dipilih untuk tingkatan Sekolah Dasar pertimbangan antara lain adalah pada usia anak Sekolah Dasar masih memerlukan bimbingan atau tuntunan yang lebih intensif. Karena mereka masih belum mampu belajar secara mandiri sepenuhnya sehingga diperlukan bimbingan yang benar.
Beberapa segmen pasar potensial yang bisa menjadi sasaran program bimbingan belajar Super Smart antarara lain :
a) Geografis
Daerah : Perkotaan
Bimbingan belajar ini memilih daerah perkotaan karena memiliki tempat yang strategis buat kalangan kelas menegah keatas. Meskipun banyak para pesaing dari bimbingan belajar yang lain, kita berambisi dengan perbedaan pasti banyak pelanggan yang tertarik dan ikut bergabung.
Wilayah : Sidoarjo dan sekitarnya
Di daerah sini sangat strategis untuk mengembangkan usaha ini karena di kota Sidoarjo dekat dengan sekolah-sekolah, pertokoan dan lain-lain.
b) Demografi
Usia : Anak Sekolah dasar (7-12 tahun)
Jenis kelamin : Laki-laki dan perempuan
Penghasilan Keluarga : Diatas satu juta rupiah per bulan.
c) Psikografi
Kelas sosial : menengah atas.
Perilaku keluarga : Mengejar karir, sibuk