English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
selamat datang di blog dapur manajemen

Kamis, 16 Juni 2011

Proses bimbel

Proses bimbel
A. Proses
Suatu proses jasa tidak terlepas dari input yang diolah dan output yang dihasilkan, menurut Lovelock (2001:39) terdapat 4 tipe dari proses suatu jasa yaitu :
1. People processing
Terjadi saat konsumen atau pelanggan membutuhkan jasa yang berhubungan langsung dengan dirinya, atau dengan kata lain konsumen tersebut mempunyai kebutuhan yang ingin dipenuhi. Misalnya pada saat seseorang sakit dan menggunakan jasa dokter untuk melakukan perawatan di rumah sakit, maka input untuk mendapatkan jasa perawatan kesehatan selain keterlibatan rumah sakit tersebut, konsumen juga harus memasuki sistem jasa perawatan kesehatan yang ada di rumah sakit tersebut. Proses jasa yang terjadi tentunya juga membutuhkan kerja sama konsumen, dimana konsumen diharuskan datang ke rumah sakit dan menunggu pemeriksaan dokter. Sedangkan output yang dihasilkan adalah konsumen mendapatkan hasil pemeriksaan berupa diagnosis dokter.
Dalam hal ini bimbingan belajar Super Smart awal prosesnya yakni konsumen datang ke tempat bimbingan kemudian mengisi formuler pendaftaran, kemudian memilih program apa yang ingin diambil. Sedangkan hasil output yang dihasilkan adalah siswa mendapatkan ilmu yang dapat menghasilkan nilai yang baik di sekolahnya.
2. Possession processing
Untuk proses ini terjadi pada saat jasa yang dibutuhkan oleh konsumen bukan untuk dirinya sendiri, melainkan untuk benda yang dimilikinya. Misalnya konsumen yang mobilnya rusak, input yang dibutuhkan untuk mendapatkan jasa selain keterlibatan perusahaan jasa, tentunya mobil dari konsumen yang rusak itu juga terlibat di dalamnya. Proses dari jasa tersebut adalah perbaikan mobil dalam suatu waktu, sedangkan output yang diperoleh konsumen adalah mobilnya akan berfungsi kembali sesuai dengan yang diinginkan oleh konsumen pemilik mobil tersebut.
Melihat paparan diatas jasa bimbingan ini tidak termasuk didalam kreteriannya disebabkan karena konsumen mengalami proses belajar untuk dirinya sendiri akan tetapi bisa saja untuk orang lain dengan cara berbagi ilmu kepada orang lain.
3. Mental stimulus processing
Proses jasa yang termasuk dalam mental stimulus processing adalah jasa yang berkaitan dengan pemikiran, termasuk di antaranya jasa pendidikan, penyampaian berita dan informasi, psikoterapi oleh seorang psikiater, jasa hiburan dan hal-hal yang bersifat religious.
Jasa bimbingan belajar Super Smart termasuk dalam proses ini karena para tentor membagikan ilmunya kepada siswa secara langsung, ini dilakukan agar apabila ada yang tidak mengerti tentang materi bisa ditanyakan lansung kepada tentor tersebut. Siswa akan lebih senang dengan adanya sesi tanya jawab dalam proses ini.
4. Information processing
Proses ini sangat berhubungan dengan penggunaan dan perkembangan komputer, tetapi tidak semua proses informasi menggunakan sarana computer untuk membantu proses jasa tersebut. Misal pada jasa telekomunikasi radio panggil, konsumen membutuhkan kabar atau informasi pada saat konsumen tersebut tidak dapat menggunakan fasilitas telekomunikasi yang lainnya, atau konsumen itu berada pada wilayah dimana fasilitas telepon tidak dapat menjangkaunya. Input untuk mendapatkan jasa telekomunikasi tersebut selain keterlibatan proses jasa yang menggunakan radio panggil, proses itu juga membutuhkan kerja sama konsumen dimana konsumen diharuskan memiliki sarana radio panggil dan perusahaan jasa menyampaikan berita dan informasi kepada konsumen tersebut.
Didalam proses ini penting bagi jasa bimbingan ini karena penggunaan dan perkembangan telekomunikasi jelas dipakai dalam proses belajar saat pelajaran bahasa Inggris, sebab proses ini murid akan dikasih earphone dan mendegarkan apa yang didengar dalam kompuer itu.


0 komentar:

Posting Komentar