English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
selamat datang di blog dapur manajemen

Senin, 13 Juni 2011

DISTRIBUSI BIMBINGAN BELAJAR SUPER SMART

1.      Distribusi Jasa
Ada dua kunci dalam distribusi jasa adalah lokasi dan saluran distribusi.
Lokasi yaitu keputusan yang dibuat perusahaan berkaitan dengan dimana operasi dan stafnya akan ditempatkan. Pentingnya memilih lokasi perusahaan jasa tergantung pada tipe dan derajat interaksi yang terlibat.
Bimbingan belajar Super Smart untuk lokasi sangat strategis karena daerah perkotaan yakni di Sidoarjo dimana terdapat banyak sekolah yang maju dan keadaan sosial yang kelas menegah keatas. Kemudian juga karena kesibukan dari oaramg tua yang bekerja, ini memberikan kesempatan besar buat anaknya dimasukkan dibimbingan belajar kami.
Meskipun banyak pesaing disekitar bimbel yang lain, misalnya Primagama, Ganesa Operasional dan lain-lain. Para pesaing kami sudah lama mendirikan dan banyak cabang dimana-mana, mereka mempunyai trend dengan metode yang cara cepat menyelesaikan pelajar tersebut, tidak ada keahlian yang lain. Super Smart disini akan terus maju untuk jadi bimbingan belajar yang berbeda dengan yang lainnya.
Di Super Smart ada 2 strategi lokasi yang penyedia jasa dan konsumen yaitu:
·         Konsumen ada mendatangi tempat bimbel ini disaat para orang tua setelah mengantar atau menjemput anaknya yang sekolah di dekat tempat bimbel ini, atau yang habis melewati tempat itu kemudian mereka tertarik dengan program bimbel tersebut kemudian konsumen akan mempir ke bimbel ini.
·          Bimbel Super Smart mendatangi konsumen, dengan strategi ini diharapakan para konumen lebih mudah mencari info tentang bimbel ini.


2.      Saluran Distribusi
Dalam upaya memperkenalkan bimbingan belajar yang baru ini, perlu sekali dilakukan perencanaan pemasaran. Yang terutama adalah mengkomunikasikan apa yang kita tawarkan kepada target kami. Perbedaan-perbedaan, keunggulan dan komitmen kami dalam memberikan yang terbaik kepada siswa bimbingan harus dikomunikasikan secara jelas dengan pendekatan yang informatif dan rasional. Sasaran pemasaran ini kami tujukan kepada orang tua siswa yang menurut kami berperan langsung dalam mengambil keputusan untuk memakai atau tidaknya bimbel ini. Promosi dilakukan secara intensif pada saat tahun ajaran baru dan saat pengantian semester Sekolah Dasar. Promosi dilakukan dalam bentuk pembagian brosur di toko-toko buku pelajaran Sekolah Dasar dan di sekolah tertentu sebagai target market kami. Serta di surat kabar yang beredar di Sidoarjo atau Surabaya yaitu Jawa Pos dimana profit pembacanya sesuai dengan segmen kami. Dan bimbel ini juga berpromosi ke dalam dunia maya, dengan menciptakan Web Super Smart konsumen lebih mudah mengakses dan mengatahui apa saja yang mengenai bimbel kami.